Friday, November 25, 2005

Individual Performance Plan (IPP)

IPP (Individual Performance Plan) merupakan proses perencanaan dan evaluasi kinerja karyawan, pengarahan dan bimbingan, dan penilaian karya demi tercapainya tujuan organisasi dan juga optimalisasi potensinya, menurut definisi dari astra.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kita sebagai karyawan melaksanakan IPP yang telah kita buat? agar berjalan lancar? walau sebagai besar key nya adalah atas yang memberikan bimbingan, review dsb, menurut sumber yang sama/pedoman dari astra. Tapi sebagai pembuat IPP karyawan sendiri harus memiliki komitmen yang tinggi dalam pencapaian IPP tersebut.

so what gitu lho??? :P ada beberapa hal yang kadang terlewatkan, atau mungkin jadi penyebab tidak berjalannya IPP tersebut, yaitu:
1. Iqra (Baca!) membaca adalah ibadah! tujuan dari baca ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kita, apalagi yang kerja jadi "tukang IT" apabila tidak baca akan sangat jauh tertinggal, oleh percepatan IT yang saat ini luar biasa, disisi lain baca adalah suatu keharusan bagi seorang muslim/muslimah sebagai bukti pengamalan alquran dan hadits.

2. Bekerja adalah ibadah janganlah tugas yang kita terima dijadikan beban, nikmati pekerjaan tersebut sambil berfikir untuk senantiasa mencari solusi-sulosi yang terbaru, supaya tidak bosan/jenuh dengan rutinitas yang hanya begitu-begitu saja.

3. Buat catatan-catatan/planning, jika diperlukan terpaksa kita kembali lagi ke TODO LIST walau sebenarnya untuk level manager seharus-nya tidak lagi, tapi ini untuk mencegah dari 'lost cotrol' terhadap komitmen yang telah dibuat.

4. Selalu belajar dari "Best Practices", belajarlah dari standard/best practices yang ada untuk meningkatkan performace kita. Banyak referensi yang tersedia di internet.

5. Buat Dokumentasi, membuat dokumentasi adalah hal yang sangat menjengkelkan, dan paling menyita fikiran dan waktu, tetapi jika dikaji lebih jauh ini akan sangat bermanfaat jika telah terbiasa, dokumentasi yang kita buat bisa dijadikan buku dijual ke percetakan hehehehe.. tentunya dapat pendapatan yang baru kan?

Inilah catatan yang menurut saya penting dalam pembuatan IPP, walau mungkin ada aspek yang lain yang belum dituliskan disini. (wars)