Friday, December 23, 2005

Smartphone oh.. smartphone

Waktu coba-coba xphone IIm hmm.. ternyata lumayan cool juga tuh smartphone, tetapi yang menjadi pertanyaan mendasar adalah apakah memang perlu smartphone bagi kita?
Apa aja manfaatnya buat kita? jangan-jangan hanya ikut-ikut trend aja atau gengsi?

Untuk sekedar renungan...
Teknologi sekarang ini cukup berkembang pesat, termasuk pangsa pasar di Indonesia bisa dibayangkan yang tadinya pemakai selular itu hanya sekitar 2 juta orang tahun 1999/2000 kalo tidak salah sekarang sudah 44 juta orang pengguna di indonesia suatu lompatan luar biasa!
bagi negara kita. Begitu pun dengan berbagai jenis handpone masuk ke Indonesia, walau masih dikuasi oleh Nokia (HP sejuta umat) yang menarik adalah saat bermunculan smartphone, yang menawarkan nilai lebih bagi pengguna HP di indonesia, sebut saja O2, Motorola, Kycera, dsb.
Kembali lagi kepertanyaan mendasar, sejauh mana kita memerlukan smartphone?

Waktu jalan-jalan ke mangga dua mall, disalah satu counter penjual hp ada juga membeli O2 Atom yang harganya lumayan bisa seharga notebook, kok ada yang mau beli ya? terus ada juga yang beli HP3300 dan HP6335 hmm.. luar biasa. Dikantor ada juga yang menggunakan O2 mini, rasa pengen sekali beli (ngiler nih...) tapi apa iya butuh? kenyataannya dari teman-teman yang menggunakan dan orang yang baru membeli ternyata tidak optimal, saya sendiri tidak mengerti kenapa tidak di optimalkan penggunaannya? atau hanya sekedar gaya/ikut-ikutan?

Teknologi kemahalan?
Waktu diskusi sama orang microsoft indonesia mengenai license system office 2003, saya bilang ke mereka kami membeli office itu hanya untuk mengetik (word), buat lajur (excel) paling bagus juga dengan mailmerge tidak pernah sama sekali office digunakan untuk collaboration, mereka jawab kalo seperti itu berarti kemahalan membeli teknologi. Persis saya bilang kemereka jadi kenapa nggak saya ganti aja dengan OpenOffice yang free? ;-)
Nah begitu pun dengan handphone, apakah perlu kita beli smartphone? kalo hanya digunakan untuk SMS dan Telp saja? kemahalan dong ya? ;-)
Sayangnya masyarakat kita masih banyak yang suka membeli barang mahal, tapi tidak dioptimalkan.

Saya sendiri mengalami hal yang boleh dibilang aneh.. saya menggunakan handphone motorola T190, itu handphone dipake 3 tahun ampe lecek, keypad-nya sudah hilang semua hurup/angkanya :-) tapi itu hanphone yang tetep aja bisa dipake toh cuman untuk sms dan telp jadi so what gitu lho... hehehehee.. sampai ada temen bilang ganti nape tuh HP?
terus saya bilang ke mereka mau ganti model apa? N9500? emang kepake semua feature-nya?
elo pake N6610i, apakah pernah pake GPRS-nya? MMS-nya? dia diem aja tuh saya tanya seperti itu.... emang aneh.... ya....

Teknologi hanya alat bantu
Teknologi itu menurut saya hanyalah alat bantu yang semuanya tergantung orangnya itu sendiri, apakah komputer hebat? hebat? hmm... belum tentu juga, komputer itu GIGO boleh dibilang bego juga, toh data yang masuk sampah ya keluar juga sampah, jadi yang penting orangnya disiapkan agar tidak masuk sampah ke komputer. Terkadang kita terlalu bangga dengan barang elektronik yang "canggih" tapi pengetahuan orangnya tidak pernah diupdate? sungguh menyedihkan memang, banyak perusahaan menggunakan teknologi yang canggih dan biaya yang sangat mahal namun tidak menghasilkan apa-apa ("kegagalan implementasi IT") karena kesiapan orangnya yang belum ada!.

Smartphone? be.. smart! itu lebih penting!
smartphone yang katanya hebat canggih ternyata juga menimbulkan beberapa persoalan, contoh sederhana pada saat smartphone tersebut dihidupkan, terasa lambat sekali maklum kita os apa yang dipake disana? tentunya.. juga bilang memory kurang mengakibatkan smartphone tersebut menjadi lambat sekali dan ini akan menjadi masalah baru. ;-)Jangan terlalu banya software yang diinstall dalam smartphone anda, install software yang diperlukan saja, sesuai dengan kebutuhan jangan terlalu bangga banyak applikasi yang dipasang.

Kesimpulan
Persiapkanlah pengguna teknologi dalam menguasai teknologi, jangan terlalu bangga dengan kecanggihan yang tentunya belum tentu juga akan diperlukan. Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Ok.. selamat mencoba smartphone... be smart... and be..cool...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home